Kamis, 09 Juni 2016

Universitas Indonesia, 6 Mei 2016

(Universitas Indonesia, Depok)

Masih dalam suasana Hari Pendidikan Nasional, maka liburan kali ini kami memutuskan untuk mengunjungi sebuah majelis ilmu yang sudah tersohor di negeri ini. Universitas Indonesia atau biasa disingkat UI. Kami bertiga, saya, Eka dan Nida, berangkat sekitar pukul 10.30 WIB dari Bekasi. Dalam perjalanan ini, kami menggunakan alat transportasi kereta api Commuter Line dari Stasiun Kranji, Bekasi menuju Stasiun Universitas Indonesia, Depok. Terjadi penumpukan penumpang disana. Ya, karena memang sedang long weekend.

(Stasiun Kranji, Bekasi)

Tujuan kami mungkin agak berbeda dari mereka kebanyakan. Bukan ke tempat-tempat wisata seperti Kota Tua, Dufan, Kebun Raya Bogor, dan lain-lain. Kami memang cenderung antimainstream. Entah apa maksud kedatangan kami kesana, karena memang sedang tidak ada acara apapun di UI.
Setelah transit di Stasiun Manggarai dan berganti kereta, akhirnya kami sampai di Stasiun Universitas Indonesia.
(Stasiun Universitas Indonesia)

Kami turun dari kereta bersama para mahasaswa UI. Hatiku berbisik lirih "Beruntung sekali mereka. Andai dulu saya.. Ah, apa-apaan ini!" Astaghfirullohal'adzim, hati dan pikiranku mulai protes akan ketentuan Allah. Aku yakin, semua apa yang terjadi padaku itu adalah bagian rencana indah-Nya. Harusnya aku bersyukur, bukan malah berandai-andai lalu menyalahkan keadaan. Aku pernah membaca sebuah hadits sahih yang artinya ;
Nabi sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda : "Berusahalah meraih apa-apa yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah dan jangan bersikap lemah. Jika musibah menimpamu, janganlah katakan : Seandainya aku melakukan ini dan ini tentu hasilnya akan begini dan begini. Akan tetapi katakanlah : 'Ini adalah takdir Allah, apa yang di kehendaki- Nya pasti terjadi.' Sebab berandai - andai itu dapat membuka pintu kejahatan setan."
( Hadits riwayat Muslim (6945) dari Abu Hurairah )

Memasuki wilayah kampus, kami langsung merasakan hawa asri nan teduh. Ya, karena sekitar 75% wilayah kampus adalah ruang terbuka hijau. Bangunan pertama yang aku lihat adalah gedung Fakultas Psikologi.

(Fakultas Psikologi UI)
Ma syaa Allah, impian ! Darisanalah lahir para Psikolog hebat di negeri ini. Namun apa daya aku hanya bisa mengibur diri sembari berkata, tidak semua yang diperjuangkan akan didapatkan. Karena hidup adalah perjuangan, bukan pemenangan. Aku belajar satu hal baru. Memang impian bisa menjadi nyata, tapi nyata bisa jadi hampa.
Karena sudah memasuki waktu dzuhur, akhirnya kami mencari masjid untuk sholat. Setelah bertanya-tanya dengan mahasiswanya, berjumpalah kami dengan masjid yang berlantai dua ini. Masjid Ukhuwah Islamiyah, UI Depok.

(lantai bawah masjid UI)

(lantai dua masjid UI)

(tempat sholat wanita, lantai dua)

Masjidnya nyaman, bersih. Di lantai bawah ada beberapa mahasiswa yang sedang belajar bahkan tilawah. Sebenarnya masih ingin berlama-lama, namun karena sudah masuk jam makan siang dan perut mulai berirama, apa boleh buat kami langsung bergegas menuju kantin kampus. Disana ada berbagai makanan dan minuman seperti, bakso, ayam goreng, siomay, batagor, es campur, dan lain-lain. Untuk harganya masih terjangkau kok. Ada satu tempat lagi yang ingin kami kunjungi disini yaitu perpustakaan kampus UI. Namun hari sudah semakin sore, perjalanan kami masih jauh. Takut kemalaman di jalan akhirnya kami pun pulang.
Alhamdulillah, akhirnya bisa menorehkan satu simbol checklist di daftar tempat yang ingin aku kunjungi dalam waktu dekat ini.